Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi Termudah dengan Beberapa Langkah

Sangpenulishandal.com - Cara menghemat baterai HP Xiaomi itu sangat penting untuk Anda ketahui, karena biasanya tipe Android yang satu ini sangat boros baterainya. Oleh karena itu, sebagai pengguna cerdik, Anda harus bisa menghemat dengan beberapa langkah yang akan kita bahas pada uraian di bawah ini.

Kasus yang sering terjadi pada tipe HP ini seperti Xiaomi Redmi 4X, Redmi 4A, dan Redmi 5A ternyata sangat boros terhadap baterai. Nah, jika Anda pengguna dari salah satu seri tersebut, maka perlu tahu cara agar baterainya bisa awet dan tentunya tahan lama hingga berjam-jam.


Begini Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi dengan Mudah, Dijamin Bakalan Awet!

Seperti yang kita ketahui, baterai merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi smartphone karena sebagai sumber daya agar bisa hidup. Tanpa adanya baterai, maka Android yang kita gunakan tidak bisa maksimal karena tidak dapat menyala.

Oleh karena itu, setiap jenis HP pasti akan memiliki baterai dan yang tentunya memiliki kapasitas yang berbeda-beda pula. Sebut saja HP Xiaomi, pasalnya smartphone yang satu ini memang terbilang memiliki kapasitas baterai yang besar namun cepat habis alias boros.

Tentunya hal ini akan membuat para pengguna Xiaomi merasa tidak nyaman karena tidak bisa melakukan aktivitasnya untuk menggunakan HP secara maksimal. Apalagi jika digunakan untuk bermain game dalam waktu yang lama, tentu membutuhkan daya baterai yang tinggi.

Apakah baterai HP Anda cepat habis? Tenang, semua ada solusinya. Karena di bawah ini ada beberapa tips paling mudah untuk Anda agar HP Xiaomi bisa memiliki baterai yang awet.

Aktifkan Mode Penghemat Daya

Cara menghemat baterai HP Xiaomi pertama adalah Anda hanya perlu mengaktifkan mode hemat daya pada smartphone canggih milik Anda tersebut. Sering disebut sebagai Power Saving, yang merupakan sebuah fitur dan berguna untuk mengubah setelah untuk menjadi hemat daya.

Sebagai contoh untuk membatasi performa, aplikasi di background hingga brightness sekalipun. Langkah untuk mengaktifkannya juga sangat mudah dan efisien tentunya.

Anda hanya perlu membuka panel Bar Notifikasi di HP, lalu aktifkan fitur Hemat Daya Baterai. Selain itu, Anda juga dapat mengaktifkannya melalui Pengaturan atau Setelan di perangkat Android Anda.

Hindari Menggunakan Cahaya Terang

Cara menghemat baterai HP Xiaomi selanjutnya adalah sebaiknya Anda hindari untuk menggunakan cahaya yang terlalu terang. Sebab, semakin terangnya cahaya pada layar HP, maka akan membuat asumsi baterai Anda semakin boros. Fitur ini bisa Anda temui pada bagian notifikasi tepat di bagian atas HP.

Perkecil Suara

Ternyata suara yang terlalu keras merupakan salah satu penyebab dari borosnya baterai HP Xiaomi dan menyebabkan panas. Sehingga Anda bisa merubah setelan suara ke mode getar atau diam saja. Namun jika Anda ingin bisa mendengar saat ada orang yang memanggil, sebaiknya ubah saja ke mode getar.

Mematikan Fitur Location

Pasalnya fitur GPS memang sangat bermanfaat bagi Anda untuk mengetahui lokasi atau tempat dengan cepat. Namun tahukah Anda bahwa fitur ini jika terus diaktifkan akan menyebabkan baterai cepat boros. Oleh karena itu, agar baterai HP Anda tidak boros, matikan fitur tersebut setela selesai digunakan.

Matikan Data Seluler atau WiFi

Cara menghemat baterai HP Xiaomi yang terakhir adalah sebaiknya matikan koneksi data seluler atau WiFi jika sudah tidak Anda gunakan. Sebab penggunaan jaringan koneksi seperti ini bisa membuat baterai smartphone Anda semakin boros. Sehingga, jika sudah tidak Anda gunakan, lebih baik matikan saja untuk menghemat asumsi daya baterai.